Odapus Harus Taat Minum Obat

SAMPAI saat ini obat khusus untuk menyembuhkan penyakit lupus belum ditemukan. Namun, orang dengan lupus (Odapus) mengonsumsi obat agar dapat menjalani hidup seperti orang normal.

Oleh karena itu, Odapus harus minum obat dalam jangka waktu yang panjang. Tetapi, bisakah Odapus berhenti mengonsumsi obat? Ketua Yayasan Lupus Indonesia (YLI) Tiara Savitri mengatakan bahwa Odapus bisa berhenti minum obat, seperti dirinya.

"Saya sudah berhenti minum obat selama 14 tahun, tetapi apakah ada obat lain yang diminum? Ada, tetapi bukan obat lupusnya, tetapi berkaitan dengan neuropatinya kalau sudah terkena sarafnya," ujarnya kepada Okezone di Rumah Sakit Kramat, Jl Kramat Raya No. 128, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Namun, Tiara mengaku hingga saat ini masih sering kontrol kondisinya ke dokter karena kemungkinan kambuh tetap ada, meskipun terkendali. Sehingga, kekambuhan bukanlah sesuatu yang aneh pada orang-orang dengan penyakit lupus, namun bila merasakan gejala harus minum obat kembali.

"Tetapi, kalau orang dengan penyakit lupus taat atau menuruti anjuran yang dikatakan oleh dokternya, maka semuanya otomotis akan lebih baik," tutupnya.
____
Arsip Media
Ditulis oleh Helmi Ade Saputra - Okezone